Manfaat Internet

Shulthon Hanif Majid On Sunday, April 29, 2012

Internet adalah jaringan komputer yang terhubung secara internasional dan tersebar di seluruh dunia. Jaringan ini meliputi jutaan pesawat computer yang terhubung satu dengan yang lainnya dengan memanfaatkan jaringan telepon( baik kabel maupun gelombang elektromagnetik).
Jaringan jutaan komputer ini memungkinkan berbagai aplikasi dilaksanakan antar komputer dalam jaringan internet dengan dukungan softwaredan hardware yang di butuhkan. Untuk bergabung dalam jaringan ini, satu pihak( provider )harus memiliki program aplikasi serta bank data yang menyediakan informasi dan data yang dapat di akses oleh pihak lain yang tergabung dalam internet.
Pihak yang telah bergabung dalam jaringan ini akan memiliki alamat tersendiri ( bagaikan nomor telepon ) yang dapat dihubungi melalui jaringan internet. Provider inilah yang menjadi server bagi pihak-pihak yang memiliki personal komputer ( PC ) untuk menjadi pelanggan ataupun untuk mengaksesinternet.Sejalan dengan perkembangan zaman, kemajuan teknologi internet juga
Semakin maju. ‘Internet’ adalah jaringan komputer yang dapat menghubungkansuatu komputer atau jaringan komputer dengan jaringan komputer lain, sehinggadapat berkomunikasi atau berbagi data tanpa melihat jenis komputer itu sendiri.
Sekarang internet telah menghadirkan bermacam macam aplikasi, contohnya game online, chatting(social network), dan lain-lain. Manfaat dari berbagai situs ataupun aplikasi internet akan dibahas oleh penulis.


Pengertian manfaat, Internet, dan Peserta Didik:
Manfaat adalah guna atau keuntungan dari suatu hal/benda yang bersifat positif.
Internet (kependekan dari interconnection-networking) ialah sistem global dari seluruh jaringan komputer yang saling terhubung menggunakan standar Internet Protocol Suite (TCP/IP) untuk melayani miliaran pengguna di seluruh dunia. Manakala Internet (huruf 'I' besar) ialah sistem komputer umum, yang berhubung secara global dan menggunakan TCP/IP sebagai protokol pertukaran paket (packet switching communication protocol). Rangkaian internet yang terbesar dinamakan Internet. Cara menghubungkan rangkaian dengan kaedah ini dinamakan internetworking.
Peserta didik adalah sekelompok manusia secara sadar berkeinginan untuk mengembangkan diri, mengembangkan potensi melalui kegiatan belajar mengajar yang tersedia pada jenjang atau tingkat dan jenis pendidikan yang akan atau sedang ditempuh oleh sekelompok itu. Peserta didik dalam kegiatan tersebut merupakan sebuah objek bagi pengajaran dan sebuah komponen yang dibutuhkan untuk proses belajar mengajar.


Macam-macam Angket:
1.      Dilihat dari cara memberikannya, angket dapat dibedakan:
a.   Angket langsung, yaitu bila angket itu langsung diberikan kepada responden yang ingin diselidiki . Jawaban diperoleh dari sumber pertama tanpa menggunakan perantara.
b.  Angket tidak langsung, yaitu bila angket itu disampaiakan kepada orang lain dan diminta pendapat tentang pendapat atau keadaan orang lain. Jawaban angket itu diperoleh dengan melalui perantara, sehingga jawabannya tidak dari sumber pertama.
2.      Dilihat dari strukturnya, angket dapat dibedakan menjadi :
a.   Angket berstruktur, yaitu angket yang bersifat tegas, konkrit dengan pertanyaan-pertanyaan yang terbatas dan menghendaki jawaban yang tegas dan terbatas pula.
b.  Angket tak berstruktur, dipergunakan apabila konselor menginginkan uraian lengkap dari subyek tentang sesuatu hal, di mana diminta uraian yang terbuka dan panjang lebar. Disampaikan dengan mengajukan pertanyaan bebas.



Comments
0 Comments

{ 0 comment... read them below or add one }