Contoh Karya Ilmiah Manfaat Internet

Shulthon Hanif Majid On Sunday, April 29, 2012

BAB 1
Pendahuluan

1.1             Latar Belakang Masalah
Internet adalah jaringan komputer yang terhubung secara internasional dan tersebar di seluruh dunia. Jaringan ini meliputi jutaan pesawat computer yang terhubung satu dengan yang lainnya dengan memanfaatkan jaringan telepon( baik kabel maupun gelombang elektromagnetik).
Jaringan jutaan komputer ini memungkinkan berbagai aplikasi dilaksanakan antar komputer dalam jaringan internet dengan dukungan softwaredan hardware yang di butuhkan. Untuk bergabung dalam jaringan ini, satu pihak( provider )harus memiliki program aplikasi serta bank data yang menyediakan informasi dan data yang dapat di akses oleh pihak lain yang tergabung dalam internet.
Pihak yang telah bergabung dalam jaringan ini akan memiliki alamat tersendiri ( bagaikan nomor telepon ) yang dapat dihubungi melalui jaringan internet. Provider inilah yang menjadi server bagi pihak-pihak yang memiliki personal komputer ( PC ) untuk menjadi pelanggan ataupun untuk mengaksesinternet.Sejalan dengan perkembangan zaman, kemajuan teknologi internet juga
Semakin maju. ‘Internet’ adalah jaringan komputer yang dapat menghubungkansuatu komputer atau jaringan komputer dengan jaringan komputer lain, sehinggadapat berkomunikasi atau berbagi data tanpa melihat jenis komputer itu sendiri.
Sekarang internet telah menghadirkan bermacam macam aplikasi, contohnya game online, chatting(social network), dan lain-lain. Manfaat dari berbagai situs ataupun aplikasi internet akan dibahas oleh penulis.

1.2             Identifikasi Masalah
1)      Apa itu internet?
2)      Apa saja manfaat internet?
3)      Berapa besar manfaat internet untuk siswa?


1.3             Perumusan Masalah
Internet adalah jaringan computer yang menghubungkan computer yang ada di seluruh tempat di dunia. Internet berawal dari ARPA, yang pertama kali dibuat untuk memudahkan perang. Jaringan ini berkembang pesat pada tahun 1989. Pada jaman sekarang internet telah berkembang sangat luas hingga hampir ke seluruh computer di dunia. Sekarang ini juga telah banyak tempat yang menyediakan peralatan untuk mengakses internet, yang sering disebut dengan warnet (warung internet). Di warnet kita dapat membuka semua aplikasi yang ada, termasuk untuk bermain game online.
Manfaat internet yang utama adalah untuk mendapat informasi dan untuk berkomunikasi. Namun, sekarang manfaat internet telah bertambah. Tambahan itu antara lain untuk  menambah wawasan, mempermudah pekerjaan, berbisnis online, jual beli online. Selain itu, ada juga manfaat internet untuk siswa, antara lain untuk belajar tambahan, melatih siswa supaya mengetahui cara menggunakan computer, bertukar pikiran dengan orang lain.
Manfaat internet yang disebutkan tadi itu dapat berguna di waktu tertentu. Misalnya, belajar tambahan, berguna saat di sekolah ataupun saat ulangan/ujian. Ada juga manfaat internet yang berguna di setiap waktu, contohnya wawasan yang didapat dari internet bisa digunakan kapan saja.
Besarnya manfaat internet untuk siswa sangatlah besar, antara lain untuk mengerjakan setiap tugas yang diberi guru, ataupun mencari pelajaran yang belum dimengerti sehingga siswa bisa lebih mengetahui apa yang dipelajarinya di sekolah. Selain itu, siswa juga bisa bertukar pikiran dengan aplikasi internet, yakni chatting ataupun mailing list. Sehingga, besarnya manfaat untuk siswa memang cukup besar.

1.4             Metode Penelitan
Metode Penelitian antara lain Angket, Studi Pustaka, Studi Banding, dan Wawancara. Dari beberapa pilihan Metode Penelitian tersebut, penulis hanya memilih satu metode, yakni Angket.



1.5             Tujuan Penelitian
Tujuan penulis adalah untuk menganalisis manfaat yang ditimbulkan dari internet terhadap siswa.
1.      Agar siswa siswi menggunakan internet untuk hal yang lebih bermanfaat
2.      Agar siswa siswi dapat mengatur waktu untuk akses internet
3.      Agar meningkatkan prestasi siswa
4.      Agar siswa siswi menjadi pengguna internet yang baik

1.6             Kegunaan Penelitian
Kegunaan penelitian ini adalah untuk mengetahui manfaat apa saja yang ditimbulkan dari internet dan menyarankan agar penggunaan internet bisa lebih bermanfaat.

1.7             Sistematika Penulisan

BAB I. Pendahuluan

1.1  Latar Belakang Masalah
1.2  Identifikasi Masalah
1.3  Perumusan Masalah
1.4  Metode Penelitian
1.5  Tujuan Penelitian
1.6  Kegunaan Penelitian
1.7  Sistematika Penulisan
BAB II. Landasan Teori

2.1  Kajian Teori
2.2  Landasan Berpikir
                  
BAB III. Metode Penelitian

3.1  Tempat dan Waktu
3.2  Subjek
3.3  Metode Penelitian

BAB IV. Hasil Penelitian

4.1  Analisis Data
4.2  Hasil Analisis

BAB V. Penutup

5.1  Kesimpulan
5.2  Kritik dan Saran




























BAB 2
Landasan Teori

2.1.            Kajian Teori
                          2.1.1      Pengertian Manfaat
Manfaat adalah guna atau keuntungan dari suatu hal/benda yang bersifat positif.
                          2.1.2      Pengertian Internet
Internet (kependekan dari interconnection-networking) ialah sistem global dari seluruh jaringan komputer yang saling terhubung menggunakan standar Internet Protocol Suite (TCP/IP) untuk melayani miliaran pengguna di seluruh dunia. Manakala Internet (huruf 'I' besar) ialah sistem komputer umum, yang berhubung secara global dan menggunakan TCP/IP sebagai protokol pertukaran paket (packet switching communication protocol). Rangkaian internet yang terbesar dinamakan Internet. Cara menghubungkan rangkaian dengan kaedah ini dinamakan internetworking.
                          2.1.3      Pengertian Peserta Didik
Peserta didik adalah sekelompok manusia secara sadar berkeinginan untuk mengembangkan diri, mengembangkan potensi melalui kegiatan belajar mengajar yang tersedia pada jenjang atau tingkat dan jenis pendidikan yang akan atau sedang ditempuh oleh sekelompok itu. Peserta didik dalam kegiatan tersebut merupakan sebuah objek bagi pengajaran dan sebuah komponen yang dibutuhkan untuk proses belajar mengajar.
                          2.1.4      Manfaat Internet Bagi Siswa
·  Memperluas Wawasan dan Ilmu Pengetahuan
·  Sebagai bahan Tambahan Pelajaran Yang Tidak Mengerti Di Sekolah
·  Sebagai Sarana Komunikasi
Sarana Komunikasi adalah sarana untuk bertukar Informasi dengan teman di Internet untuk menambah wawasan tapi jarang sekali siswa maupun mahasiswa untuk menggunakannya seperti itu melainkan sarana untuk chatting.

2.2.            Landasan Berpikir
Internet banyak dipakai rata rata untuk bermain game online dan untuk jaringan sosial. Internet banyak dipakai oleh para pelajar. Selain dampak negatif, internet juga memiliki manfaat yang positif.










































BAB 3
Metodeologi Penelitian

3.1.            Tempat dan Waktu Penelitan
      Tempat yang dipakai peneliti/penulis yaitu di sekolah. Penelitian ini dilakukan kurang lebih selama 1 bulan.

3.2.            Pemilihan Subyek
Subjek yang dipilih oleh penulis adalah siswa-siswi kelas IX SMP Negeri 10 Jakarta. Populasi berjumlah 240 siswa. Sampel 12,5% dari jumlah populasi yakni,30 siswa kelas 9.

3.3.            Metode Penelitian
        Dalam mengerjakan Karya Ilmiah ini, peneliti menggunakan Metode Penelitian Angket. Angket memiliki beberapa pengertian, yaitu sebagai berikut. Angket adalah suatu alat pengumpul data yang berupa serangkaian pertanyaan yang diajukan pada responden untuk mendapat jawaban (Depdikbud:1975). Angket adalah suatu daftar atau kumpulan pertanyaan tertulis yang harus dijawab secara tertulis juga ( WS. Winkel, 1987). Angket merupakan teknik pengumpulan data yang dilakukan dengan mengadakan komunikasi dengan sumber data ( I. Djumhur, 1985 ). Kuesioner atau angket merupakan teknik pengumpulan data yang tidak memerlukan kedatangan langsung dari sumber data ( Dewa Ktut Sukardi, 1983 ). Kuesioner adalah suatu daftar yang berisi pertanyaan yang harus dijawab atau dikerjakan oleh orang/anak yang ingin diselidiki atau responden (Bimo Walgito, 1987). Dari beberapa pengertian diatas dapat disimpulkan pengertian angket adalah suatu alat pengumpul data yang berupa serangkaian pertanyaan tertulis yang diajukan kepada subyek untuk mendapatkan jawaban secara tertulis juga.
Angket juga bisa dibedakan menjadi dua, yaitu sebagai berikut.
Macam-macam Angket:
1.      Dilihat dari cara memberikannya, angket dapat dibedakan:
a.   Angket langsung, yaitu bila angket itu langsung diberikan kepada responden yang ingin diselidiki . Jawaban diperoleh dari sumber pertama tanpa menggunakan perantara.
b.  Angket tidak langsung, yaitu bila angket itu disampaiakan kepada orang lain dan diminta pendapat tentang pendapat atau keadaan orang lain. Jawaban angket itu diperoleh dengan melalui perantara, sehingga jawabannya tidak dari sumber pertama.
2.      Dilihat dari strukturnya, angket dapat dibedakan menjadi :
a.   Angket berstruktur, yaitu angket yang bersifat tegas, konkrit dengan pertanyaan-pertanyaan yang terbatas dan menghendaki jawaban yang tegas dan terbatas pula.
b.  Angket tak berstruktur, dipergunakan apabila konselor menginginkan uraian lengkap dari subyek tentang sesuatu hal, di mana diminta uraian yang terbuka dan panjang lebar. Disampaikan dengan mengajukan pertanyaan bebas.
       Disamping itu, alasannya penulis yaitu, dengan menggunakan angket, melakukan penelitian tidak terlalu sulit dan menjadi mudah, dan juga penulis memilih angket karena keputusan teman-teman sekelas.
       Angket memiliki kelemahan dan kelebihan, kelemahannya adalah biasanya orang-orang yang mengisi angket kurang jujur sehingga hasilnya belum tentu sesuai, sedangkan kelebihannya adalah mengerjakan dengan menggunakan angket lebih mudah dan praktis.

















BAB 4
Hasil Penelitian

4.1.            Analisis Data
No.
Pernyataan
Ya
Tidak
Ragu
1
Saya mengerti untuk menggunakan internet.
20
2
8
2
Saya cukup mengerti tentang internet.
25
1
4
3
Saya masih bingung untuk menggunakan internet.
2
11
17
4
Saya lebih sering mengerjakan tugas dengan internet daripada buku
21
1
8
5
Saya lebih sering mengerjakan tugas dengan buku daripada internet
1
21
8
6
Internet sangat penting bagi saya.
9
6
15
7
Internet penting bagi saya.
11
3
16
8
Internet tidak penting bagi saya.
9
11
10
9
Saya menggunakan internet untuk belajar.
2
5
23
10
Saya menggunakan internet untuk mencari informasi.
19
8
3
11
Saya menggunakan internet untuk mengakses jaringan sosial.
27
1
2
12
Saya menggunakan internet untuk bermain game online.
20
6
4
13
Saya menggunakan internet hanya untuk mengerjakan tugas sekolah.
3
24
3
14
Saya menggunakan internet untuk download lagu,video, dan lain-lain.
9
9
12
15
Saya menggunakan internet untuk mengolah blog/website.
5
21
4
16
Saya menggunakan internet untuk mengakses e-mail (surat elektronik).
8
12
10
17
Sejak menggunakan internet, prestasi saya meningkat.
2
23
5
18
Sejak menggunakan internet, prestasi saya tidak terpengaruh
17
4
9
19
Sejak menggunakan internet, prestasi saya menurun.
23
2
5
20
Saya menggunakan internet di komputer/laptop/netbook/notebook di rumah saya.
21
8
1
21
Saya menggunakan internet di warnet (warung internet)
8
19
3
22
Saya menggunakan internet setiap hari.
13
7
10
23
Saya menggunakan internet 1 minggu sekali.
9
6
15
24
Saya menggunakan internet 1 bulan sekali.
9
7
14
25
Saya menggunakan internet tidak menentu waktunya.
28
1
1

     4.2.      Hasil Analisis
1)      Rata-rata siswa kelas 9 SMP Negeri 10 Jakarta mengerti untuk menggunakan internet
2)      Rata-rata siswa kelas 9 SMP Negeri 10 Jakarta cukup mengerti tentang internet.
3)      Rata-rata siswa kelas 9 SMP Negeri 10 Jakarta ragu atas bingung untuk menggunakan internet.
4)      Rata-rata siswa kelas 9 SMP Negeri 10 Jakarta lebih sering mengerjakan tugas dengan internet daripada buku.
5)      Rata-rata siswa kelas 9 SMP Negeri 10 Jakarta tidak lebih sering mengerjakan tugas dengan buku daripada internet.
6)      Rata-rata siswa kelas 9 SMP Negeri 10 Jakarta ragu atas internet sangat penting baginya.
7)      Rata-rata siswa kelas 9 SMP Negeri 10 Jakarta ragu atas internet penting baginya.
8)      Rata-rata siswa kelas 9 SMP Negeri 10 Jakarta beranggapan internet penting baginya.
9)      Rata-rata siswa kelas 9 SMP Negeri 10 Jakarta ragu atas menggunakan internet untuk belajar.
10)  Rata-rata siswa kelas 9 SMP Negeri 10 Jakarta menggunakan internet untuk mencari informasi.
11)  Rata-rata siswa kelas 9 SMP Negeri 10 Jakarta menggunakan internet untuk mengakses jaringan sosial.
12)  Rata-rata siswa kelas 9 SMP Negeri 10 Jakarta menggunakan internet untuk bermain game online.
13)  Rata-rata siswa kelas 9 SMP Negeri 10 Jakarta menggunakan internet tidak hanya untuk mengerjakan tugas sekolah.
14)  Rata-rata siswa kelas 9 SMP Negeri 10 Jakarta ragu atas menggunakan internet untuk download lagu,video, dan lain-lain.
15)  Rata-rata siswa kelas 9 SMP Negeri 10 Jakarta tidak menggunakan internet untuk mengolah blog/website.
16)  Rata-rata siswa kelas 9 SMP Negeri 10 Jakarta ragu atas menggunakan internet untuk mengakses e-mail (surat elektronik).
17)  Rata-rata siswa kelas 9 SMP Negeri 10 Jakarta sejak menggunakan internet, prestasinya tidak meningkat.
18)  Rata-rata siswa kelas 9 SMP Negeri 10 Jakarta sejak menggunakan internet, prestasinya tidak terpengaruh.
19)  Rata-rata siswa kelas 9 SMP Negeri 10 Jakarta sejak menggunakan internet, prestasinya menurun.
20)  Rata-rata siswa kelas 9 SMP Negeri 10 Jakarta menggunakan internet di komputer/laptop/netbook/notebook di rumahnya.
21)  Rata-rata siswa kelas 9 SMP Negeri 10 Jakarta tidak menggunakan internet di warnet (warung internet).
22)  Rata-rata siswa kelas 9 SMP Negeri 10 Jakarta menggunakan internet setiap hari.
23)  Rata-rata siswa kelas 9 SMP Negeri 10 Jakarta ragu atas menggunakan internet 1 minggu sekali.
24)  Rata-rata siswa kelas 9 SMP Negeri 10 Jakarta ragu atas menggunakan internet 1 bulan sekali.
25)  Rata-rata siswa kelas 9 SMP Negeri 10 Jakarta menggunakan internet tidak menentu waktunya.





























BAB 5
Penutup

5.1.            Kesimpulan
Dari pernyataan-pernyataan diatas, dapat disimpulkan bahwa Internet penting dan berguna bagi siswa-siswi kelas 9 SMP Negeri 10 Jakarta dan digunakan hamper setia hari, serta memiliki banyak manfaat untuk proses belajar maupun untuk memperoleh informasi.

5.2.            Kritik dan Saran
Kritik yang penulis berikan ialah boleh menggunakan internet, namun gunakan hanya untuk hal yang bermanfaat.
Beberapa saran yang penulis berikan sebagai berikut.
a.       Perbanyaklah belajar melalui internet maupun belajar melalui buku.
b.      Perbanyak menggunakan internet untuk hal bermanfaat dan hindari menggunakan internet untuk hal yang negatif.
c.       Jangan terlalu sering menggunakan internet dan fokuslah untuk belajar.



Comments
0 Comments

{ 0 comment... read them below or add one }